Langsung ke konten utama

IPTEK BAGI PELAJAR

 Bagaimana dampak perkembangan IPTEK bagi pelajar?

• Dampak positif

1.Dalam proses pembelajaran ; media komunikasi seperti handphone, komputer, internet, email, dan yang lainnya. Digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran. Sebagai contoh, adanya video pembelajaran dengan animasi yang dibuat semenarik mungkin membuat pelajar lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran.

2.Munculnya media massa ; fungsi media massa bagi pelajar cukup penting dalam perkembangan IPTEK di masa kini. Media massa menjadi alat komunikasi massa yang dapat menyebarkan sebuah berita atau informasi dengan jangkauan yang lebih luas, cepat, dan efisien. Dengan adanya media massa, pelajar dapat mengupload moment kebersamaan dengan teman.

3.Kemajuan teknologi, terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak ; karena dengan bantuan teknologi bisa memudahkan pemahaman. Pembelajaran pun tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru. Tetapi juga bisa menggunakan internet dan lainnya.

• Dampak negatif

1.Kemudahan para pelajar dalam mengerjakan tugas rumah akan membuat pelajar lalai atau malas.

2.membuat siswa tersebut malas membantu orang tua karena keasyikan utama smartphone.

3.Mengubah perilaku remaja menjadi perilaku yang individualistis karena asyik bermain gawai tanpa memikirkan aktivitas sosialnya. (Latifah & Hazicha)

Sumber :

Pengaruh IPTEK bagi pelajar

https://radarbanyuwangi.jawapos.com/opini/75913759/pengaruh-perkembangan-iptek-bagi-pelajar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PEMBUAT

  Web ini dibuat untuk memenuhi tugas SEJARAH PEMINATAN terkait materi "Perkembangan IPTEK di Era Globalisasi" Disusun Oleh : • Aliffa Ayu w. (02) • Diana Bintang C. (12) • Hazicha Aristi H. (14) • Latifah Umirubi A. (17) • Tiyas Wulandari (29)

GLOBALISASI

illustration by SheKnows on pinterest POJOKSATUSMAGO.blogspot.com – Perkembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) di era Globalisasi ini merupakan suatu proses yang terjadi di berbagai negara dan tidak dapat untuk dihindari. Tidak hanya membawa dampak positif saja, perkembangan IPTEK di era Globalisasi juga memberikan dampak negative, khususnya bagi kalangan pelajar. Lalu, apa yang dimaksud dengan globalisasi? Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara. (Latifah) Sumber: Apa itu Globalisasi. https://www.ruangguru.com/blog/apa-itu-globalisasi-sosiologi-kelas-12

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

  Sejarah Teknologi Komunikasi Setelah mengetahui tentang definisi dari teknologi komunikasi, kamu seharusnya juga mengetahui sejarah singkat dari perkembangan teknologi dari masa ke masa, yang akan penulis paparkan dibawah ini. 1. Teknologi Komunikasi Berupa Lukisan di Dinding Gua Lukisan gua diklaim menjadi metode komunikasi tertua yang ada di dunia. Metode lukisan gua difungsikan sebagai sebuah tanda manusia purba dalam menandai daerah mereka. Tak hanya untuk menandai wilayahnya saja, lukisan gua juga menjadi media untuk merekam berbagai peristiwa penting yang terjadi pada saat itu.Lukisan gua ini biasanya dapat ditemukan di dinding ataupun langit-langit gua tersebut. Illustrasi by nativeindonesia.com 2. Teknologi Komunikasi Berupa Simbol Diketahui terdapat ukiran batu yang disebut sebagai petroglyphs yang ditemukan serta dikenalkan pada sekitar 10.000 tahun sebelum masehi.ukiran batu tersebut difungsikan sebagai media perekam cerita oleh manusia purba. Illustrasi by nationalgeoghra