Langsung ke konten utama

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

 Sejarah Teknologi Komunikasi

Setelah mengetahui tentang definisi dari teknologi komunikasi, kamu seharusnya juga mengetahui sejarah singkat dari perkembangan teknologi dari masa ke masa, yang akan penulis paparkan dibawah ini.

1. Teknologi Komunikasi Berupa Lukisan di Dinding Gua








Lukisan gua diklaim menjadi metode komunikasi tertua yang ada di dunia. Metode lukisan gua difungsikan sebagai sebuah tanda manusia purba dalam menandai daerah mereka. Tak hanya untuk menandai wilayahnya saja, lukisan gua juga menjadi media untuk merekam berbagai peristiwa penting yang terjadi pada saat itu.Lukisan gua ini biasanya dapat ditemukan di dinding ataupun langit-langit gua tersebut.

Illustrasi by nativeindonesia.com

2. Teknologi Komunikasi Berupa Simbol








Diketahui terdapat ukiran batu yang disebut sebagai petroglyphs yang ditemukan serta dikenalkan pada sekitar 10.000 tahun sebelum masehi.ukiran batu tersebut difungsikan sebagai media perekam cerita oleh manusia purba.

Illustrasi by nationalgeoghrapic.grid.id

3. Teknologi Komunikasi Menggunakan Sinyal Asap


Asap awalnya dianggap solusi komunikasi jarak jauh manusia lantaran dinilai lebih cepat disampaikan dibanding jasa atau perantara pelari pesan. Penyampaian pesan dengan asap ini dilakukan secara estafet, melalui satu menara ke menara yang dituju. Asap sebagai alat komunikasi tradisional memiliki kelemahan.Salah satunya, sifat asap yang tidak dapat bertahan lama.

Illustrasi by infokost.id

4. Teknologi Komunikasi Menggunakan Merpati


Catatan sejarah menemukan burung merpati sebagai salah satu alat komunikasi tradisional yang bisa diandalkan. Burung merpati merupakan unggas yang dikategorikan cerdas dengan daya ingat yang tajam, kemampuan navigasi yang baik, dan kecakapan untuk kembali lagi ke sangkar asalnya meski telah menempuh perjalanan panjang.

Illustrasi by kompas.com

5. Teknologi Komunikasi Menggunakan Sistem Pos

Sistem pos ini membuat seseorang yang ingin mengirimkan pesan harus mengirimkannya ke orang lain dan akan dikirimkan ke penerima lewat layanan pos. Dalam sistem pos ini, memerlukan adanya penggunaan kotak surat.

Illustrasi by Wikipedia.com

6. Teknologi Komunikasi Menggunakan Koran

Surat kabar atau koran berisi tentang penyampaian sebuah berita yang disampaikan secara tertulis serta berbagai peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung saat itu. Surat kabar sendiri memiliki dua jenis, yakni surat kabar nasional dan surat kabar internasional. Jenis surat kabar yang diterbitkan sangat bergantung pada berita apa yang terkandung didalamnya

Illustrasi by kompasiana.com

7. Teknologi Komunikasi Menggunakan Radio

Radio sendiri merupakan sebuah teknologi komunikasi yang dapat menghasilkan suara dan memberikan berita serta hiburan untuk masyarakat.

Illustrasi by merdeka.com

8. Teknologi komunikasi Menggunakan Telegraf


Telegraf menjadi alat komunikasi listrik pertama yang dapat mengirim pesan berupa teks. Telegraf diciptakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengirim pesan dalam bentuk teks untuk membantu menyebarkan informasi ke penjuru negeri.

Illustrasi by dewanbudaya.com

9. Teknologi Komunikasi Menggunakan Telepon







Alat komunikasi ini memberikan akses untuk penggunanya dalam mengirimkan suara dan akan diubah menjadi sebuah sinyal. Sinyal tersebut kemudian akan disalurkan menggunakan kabel dan disampaikan kepada penerima.

Illustrasi by Liputan6,com

10. Teknologi Komunikasi Menggunakan Televisi









Televisi sendiri merupakan suatu sumber hiburan untuk masyarakat yang mencakup dunia secara luas. Televisi bentuk menjadi teknologi komunikasi yang bersifat tidak langsung untuk para penonton.

Awalnya televisi memiliki tampilan hitam putih. Setelah perkembangan zaman terjadi, barulah televisi dapat ditonton menjadi lebih berwarna dan dilengkapi dengan berbagai fitur unik di dalamnya.

Illustrasi by Nasabamedia.com

11. Teknologi Komunikasi Menggunakan Komputer








Komputer diciptakan pada tahun 1930 oleh seorang insinyur bernama Vannevar Bush yang berasal dari Amerika.16 tahun kemudian, para ilmuwan dari Universitas Pennsylvania Amerika Serikat, menciptakan sebuah komputer digital yang diberi nama ENIAC. Alat ini dikendalikan dengan tabung-tabung tanpa udara atau hampa. Sekitar tahun 1950 an, seorang ahli matematika yang mengembangkan sebuah pemikiran untuk menyimpan seluruh program yang ada di komputer dalam bank ingatan. Pada tahun 1970, komputer mulai dioperasikan menggunakan transistor yang lebih efisien. Seterusnya, komputer terus dikembangkan hingga menjadi teknologi komunikasi yang paling sempurna dan dapat melakukan berbagai pekerjaan yang sangat membantu pekerjaan umat manusia di dunia.

Illustrasi by Tirto.id

12. Teknologi Komunikasi Menggunakan Internet









Tim Berners Lee menemukan WWW atau World Wide Web di tahun 1990. Kemudian satelit mendukung internet. Dengan internet, kita bisa mencari apapun dan dimana saja di seluruh dunia. Lalu, koneksi nirkabel mulai muncul pada tahun 1991. Hingga kini, internet menjadi teknologi komunikasi yang paling sering digunakan. (Aliffa & Diana)

Illustrasi by ditjenaptika.kominfo.go.id

Sumber: 

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi. https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-perkembangan-teknologi-komunikasi/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PEMBUAT

  Web ini dibuat untuk memenuhi tugas SEJARAH PEMINATAN terkait materi "Perkembangan IPTEK di Era Globalisasi" Disusun Oleh : • Aliffa Ayu w. (02) • Diana Bintang C. (12) • Hazicha Aristi H. (14) • Latifah Umirubi A. (17) • Tiyas Wulandari (29)

GLOBALISASI

illustration by SheKnows on pinterest POJOKSATUSMAGO.blogspot.com – Perkembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) di era Globalisasi ini merupakan suatu proses yang terjadi di berbagai negara dan tidak dapat untuk dihindari. Tidak hanya membawa dampak positif saja, perkembangan IPTEK di era Globalisasi juga memberikan dampak negative, khususnya bagi kalangan pelajar. Lalu, apa yang dimaksud dengan globalisasi? Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara. (Latifah) Sumber: Apa itu Globalisasi. https://www.ruangguru.com/blog/apa-itu-globalisasi-sosiologi-kelas-12